PS2 makin mendekati akhir dari masa jayanya. Tapi bukan berarti game-game bagus makin berkurang. Rogue Galaxy membuktikan bahwa taring PS2 masih tajam.

Grafik B-

Grafik Rogue Galaxy tergolong bagus untuk ukuran PS2. Penggunaan Cell Shading di game ini sangat pas. Karakter dan monster di-render dengan halus. Efek-efeknya juga cukup bagus dan entah kenapa mengingatkan saya dengan apa yang saya lihat di serial Final Fantasy. Karakter yang kita kendalikan dan musuh yang kita lawan juga ditampilkan dengan baik. Bos-bos raksasa pun di-render dengan cukup halus dan akan menanamkan ketakutan tersendiri saat baru pertama kali melihatnya.

Salah satu kelemahan grafiknya adalah detail background dan teksturnya terasa agak kasar dan kurang halus. Meski demikian hal ini bisa dapat dimaklumi mengingat dunia Rogue Galaxy sangat luas dan bisa kita akses tanpa loading. Perpindahan dari satu area ke area lain akan terjadi tanpa terasa. Transisi dari eksplorasi dunia menuju battle pun terjadi dengan singkat dan nyaris tanpa loading sama sekali.

Sound C+

Sound efek di serial ini tergolong standar genre RPG. Meski demikian musiknya cukup bagus dan sesuai dengan tema game ini. Musik saat battle akan memompa adrenalin Anda, dan musik yang mengiringi momen-momen sedih pun terasa pas.

Gameplay B

Jika Anda menyukai sistem battle Star Ocean atau serial Tales, Anda pasti menyukai battle sistem di Rogue Galaxy. Yup, game ini menggunakan sistem battle real time. Anda bisa bergerak dengan bebas saat bertarung. Dua karakter lain akan dikendalikan oleh CPU sesuai dengan taktik yang Anda set di menu karakter. Anda bisa mengatur mereka untuk beraksi sendiri-sendiri, menyerang musuh yang sama dan sebagainya. Di saat-saat tertentu karakter yang dikendalikan komputer juga akan mengajukan pilihan jurus yang akan mereka keluarkan. Di saat ini kita tinggal memilih jurus yang kita inginkan dengan menekan tombol L1 atau L2. Selain itu Anda juga bisa mengeluarkan ilmu super dengan mengumpulkan orb berwarna biru yang dijatuhkan musuh lalu menekan tombol R1 dan kotak secara bersamaan. Setelah kita kita tinggal menekan tombol yang tertera di layar dan voila, super damage! Oh ya, jika mau, kita juga bisa mengganti karakter yang kita kendalikan saat battle. Mirip Star Ocean, kan?

2


Untuk mendapatkan skill baru, kita tinggal mengakses menu Revelation. Di menu ini ada slot-slot yang harus diisi item-item tertentu. Setelah slot-slot tersebut diisi item yang diminta, kita akan mendapatkan skill baru. Begitu seterusnya.

Eksplorasi di game ini juga cukup interaktif. Kadang untuk melanjutkan petualangan, kita harus mendapatkan item tertentu. Tapi jangan cemas, di peta ada hint tempat-tempat yang harus kita tuju guna mendapatkan item-item tersebut.

3

Selain itu juga ada sistem hunter rank. Kita bisa meningkatkan peringkat kita dengan membunuh monster-monster tertentu dan juga bos. Selain itu juga ada segmen penangkapan dan pengembangbiakan serangga. Tujuannya? Ya untuk diadu dengan serangga milik NPC. Pokemon banget, ya?

Longevity B+

Sebagai game RPG, Rogue Galaxy butuh waktu yang agak lama untuk ditamatkan. Dengan segala tetek bengek seperti side quest, hunter rank dan adu serangga, game ini sangat memikat untuk dimainkan jangka panjang.

Editor's Tilt B-

Jujur saja, saya merasa Rogue Galaxy adalah RPG campur sari. Ada begitu banyak unsur yang diambil dari game RPG lain. Tidak original? Begitulah. Apakah Rogue Galaxy layak untuk dimainkan? Sangat! Apakah fun? Ya! Tak diragukan lagi, game ini menawarkan kesegaran baru di pengujung hayat PS2. Jangan dilewatkan.

4

0 komentar: